LAUT

  1. Gambar
  2. A. pengertian laut

Dari sisi Bahasa Indonesia pengertian laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.

Jadi laut adalah merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bermuara ke laut.

Laut adalah kumpulan air asain yang sangat banyak dan luas yang memisahkan atau menghubungkan beberapa benua atau negara atau daerah di permukaan bumi.

  1. B.   PROSES TERJADINYA LAUT

laut, menurut sejarahnya, terbentuknya 4,4 milyar tahun yang lalu, ketika afmosfer bumi terutup oleh   debu – debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar matahari untuk masuk ke bumi. Akibatnya, uap air diatmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan. Hujan inilah yang mengisi cekungan – cekungan di bumi hingga terbentuklah lautan

Pada awaklnya, laut bersifat sangat asam (dengan suhu sekitar 100 derajat Celcius) hal ini disebabkan oleh keadaan bumi yang sangat panas dan keadaan atmosfer bumi yang dipenuhi oleh karbondioksida. Pada saat itu juga, gelombang tsunami sering terjadi karena seringnya asteroid menghantam bumi disertai fenomena pasang surut air laut yang begitu cepat terjadi karena jarak bulan yang begitu dekat dengan bumi

kemudian, secara perlahan-lahan jumlah karbondioksida yang ada diatmosfer mulai berkurang akibat terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat membentuk kalsium karbonat. Akibatnya, langit mulai menjadi cerah sehingga sinar matahari dapat kembali masuk menyinari bumi dan mengakibatkan terjadinya proses penguapan sehingga volume air laut di bumi juga mengalami pengurangan dan bagian-bagian di bumi yang awalnya terendam air mulai kering. Proses pelapukan batuan terus berlanjut akibat hujan yang terjadi dan terbawa ke lautan, hal inilah yang menyebabkan air laut kini semakin asin.

C. JENIS ATAU MACAM-MACAM LAUT

Jenis/Macam Laut Berdasarkan Sebab Terjadinya :

  1. 1. Laut Ingresi : Adalah laut yang terjadi karena penurunan dasar laut dengan kedalaman

200 meter lebih.
2. Laut Transgresi : Adalah laut yang terjadi karena terjadi peninggian permukaan air laut yang memiliki kedalaman kurang dari 200 meter.
3. Laut Regresi : Adalah laut yang ada karena proses sedimentasi lumpur daratan yang masuk ke laut akibat erosi daratan.

Jenis/Macam Laut Berdasarkan Letak L

1.  Laut Tepi : Adalah laut yang ada di tepi benua.

2.   Laut Pedalaman : Adalah laut yang dikelilingi oleh daratan benua yang hampir seluruhnya terkepung benua.

3.   Laut Tengah : Adalah laut yang ada di tengah-tengah antara benua.

  Jenis/Macam Laut Berdasarkan Kedalaman Laut :

1.   Laut Zona Litoral : Adalah laut yang berada di batas antara garis pasang surut air laut yang bisa kering dan bisa tergenang air laut.
2.   Laut Zona Neritik : Adalah laut yang mempunyai kedalaman kurang dari 200 meter.
3.   Laut Zona Batial : Adalah laut yang memiliki kedalaman laut antara 200 hingga 1800 meter.
4.   Laut Zona Abisal : Adalah laut yang memiliki kedalaman yang lebih dari 1800 meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: