di balik seraut wajahmu

(¯`*•.¸♥☆☀☆♥¸.•*´¯)

☆ Di Balik Seraut Wajah ☆

… (¯`*•.¸♥☆☀☆♥¸.•*´¯)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah…Manusia memang memiliki beragam bentuk wajah. Namun di balik seraut wajah, Ibnul Qayyim membagi menjadi empat jenis yaitu :

1. Wajah yang berpadu dua keindahan yakni keindahan lahiriah dan keindahan batiniah ( lahiriah rupawan dan batiniah memiliki perangai dan perilaku yang baik )

2. Wajah yang terkumpul di dalamnya keburukan lahiriah dan keburukan batiniah

3. Wajah yang memiliki keindahan lahiriah namun tidak memiliki keindahan batiniah

4. Wajah yang memiliki keindahan batiniah namun tidak memiliki keindahan lahiriah

Pada seraut wajah tampak tanda yang tak dapat direkayasa. Salah satunya adalah cahaya wajah. Cahaya wajah pada masing-masing raut muka berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh ketaqwaan dan kesolehan seseorang. Semakin ia bertaqwa dan sholeh, maka semakin terang cahaya wajahnya. Demikian pula semakin banyak kemaksiatan yang dilakukan semakin redup pula cahaya wajahnya. Keadaan batiniah seseorang akan berpengaruh terhadap fisik seseorang. Sekalipun bentuknya tidak berubah namun ekspresi wajah dapat berubah.

Ibnu Abbas berkata : ” Sesungguhnya amal kebaikan itu akan memancarkan cahaya di dalam hati, memancarkan sinar pada wajah, kekuatan pada tubuh, kelimpahan rezeki dan menumbuhkan rasa cinta di hati manusia kepadanya. Sesungguhnya amal kejahatan itu akan menggelapkan hati, menyuramkan wajah, melemahkan badan, mengurangi rezeki dan menimbulkan rasa benci di hati manusia kepadanya.”

Utsman bin Affan berkata: ” Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu dalam dirinya , maka Allah akan menampakkannya pada raut wajah dan tutur katanya.”

Demikian juga dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang artinya :

” Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik dan ada tambahannya. Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak pula kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan memperoleh balasan yang setimpal dan mereka diliputi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari azab Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. ” ( QS. Yunus : 26-27).

Duhai sahabat saudaraku fillah…

♥ Andaikan kita memiliki keindahan rupa jangan di kotori oleh keburukan akhlaq

♥ Andaikan kita tidak memiliki keindahan rupa perbaguslah akhlaq/ budi pekerti kita

♥ Jangan himpun dua keburukan dalam diri kita, keburukan rupa&keburukan akhlaq

♥ ♥ Sesungguhnya keindahan akhlaq akan membuat orang yang tidak rupawan pun akan terlihat menawan.. Dan ini bisa kita peroleh asalkan kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh..♥♥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: